DLZS 2: Translate Bio

Setelah kembali tenggelam dan mencari informasi kemana-mana, aku ketemu beberapa resource. Lumayan buat referensi. Aku ketemu biodata dari page Doulong, yang sekarang udah nggak pernah diupdate lagi, tentu saja. Anak-anak Dragon Warrior 2 plus naga-naganya, (hampir) lengkap. Aku akan masukin ke sini karena... entahlah? Pengen aja.

Kalau boleh curhat sedikit, sebenarnya aku sakit hati. Kenapa bisa telat masuk ke fandom kayak gini haha. Tapi! Nggak ada gunanya menyesal. Iya kan? Jadi setidaknya aku akan berkontribusi untuk sisa-sisa orang yang masih bisa kuajak ngobrol soal Dragon Warrior.
Dan satu lagi. Aku nggak terlalu bisa Mandarin, jadi....  dibantu translator. Kalau kalian mau bantu aku, aku akan dengan senang hati menerima bantuan kalian!

Klik untuk melihat album asli.

Oh iya, entah kenapa nggak ada Tian Hua. Eh, fans Tian Hua kecewa nih >:( tapi gak apa-apa. Lanjut! Setelah Read More!



Nama: Lie gu la (烈古拉)
Elemen: api
Pasangan: Luo xiao yi
Karakter: aktif, suka membenarkan, bersemangat membela partnernya, suka diam-diam menunggu di sisi Xiao Yi
Partai: Xinghuo luomen
Panggilan kontrol: panggilan api seperti binatang [poin ini translate dari Google. Aku nggak ngerti]
Jurus: bola api sinar bintang
Catch phrase: 'Tidak masalah.... Aku ini kuat!'
[Translator's note]
1) : kuat, : kuno, : tarik
2) Sebenarnya aku gak yakin itu 'jurus', tulisannya 必殺技 dan aku gak yakin apa artinya. Tapi kayaknya itu jurus.
3) Dia dipanggil Si Kecil Tampan dan Berani. Aku mau ketawa.


Nama: Luo xiao yi (洛小熠)
Kelamin: Laki-laki
Umur: 13 tahun
Karakter: pintar, tugas berat, bertanggung jawab, selalu memikirkan orang lain. Di masa kecil selalu diberi pelatihan yang ketat. Ingin melindungi semua teman-temannya dengan senyum. [AWWWWW]
Partai: Xinghuo luomen
Sifat: Api sebagai kekuatan  [By: Google]
Senjata: Pedang naga api
Kemampuan: tinju, kekuatan serangan, kecepatan serangan
Catch phrase: 'Hey hey! Hey!'
[Translator's note]
1) 小: kecil, 熠: bersinar
2) Nama lain senjata: Yan huolong ren
3) Catch phrase aslinya 'Wei wei! Wei!' (LUCU BANGET AAA)
4) Intro: Halo semuanya, namaku Luo Xiao Yi. Jangan salah mengucapkan namaku!


Nama: Xi bi (希比)
Elemen: Sinar
Pasangan: Bai nuo
Karakter: diam, dingin, antusias, taktis [?]
Partai: Yue kong xing liu men
Jurus: cepat memotong sembunyi [??]
Panggilan kontrol: cahaya adalah seperti panggilan hewan [GOOGLE]
[Translator's note]
1) 希: harapan, 比: perbandingan
2) KARAKTERNYA KOK MALAH MIRIP BAINUO YA
3) Ungu warna favorit Xiao bian...?

Nama: Bai nuo (百諾)
Kelamin: perempuan
Umur: 12 tahun
Karakter: dingin, sangat dingin dan tenang. Mementingkan pekerjaan, datar, jarang tertawa, terlihat tidak peduli, berhati lemah
Partai: Yue kong xing liu men
Sifat: cahaya seperti kekuasaan [Google]
Senjata: pedang naga sayap cahaya
Kemampuan: sembunyi, serangan seni [?], kemampuan menyembuhkan
[Translator's note]
1) 百: ratusan, 諾: janji
2) Senjata: Guang yi long ren
3) Aku nggak yakin sama kemampuannya
4) Intro: Walaupun aku tidak sering tertawa, tetapi hatiku hangat.


Nama: Jia bu duo (加布多)
Elemen: tanah
Pasangan: Zi yao
Karakter: jujur, ramah
Partai: Huang sha xingmen
Kontrol panggilan: Bumi adalah seperti panggilan hewan [jangan tanya]
Jurus: putaran sudut sinar batu [?]
[Translator's note]
1) : plus, : kain, : banyak
2) Dipanggil hangat dan ramah
3) Xiao bian (?? aku gak yakin ini siapa) bilang 'bor' di sekitar hidung Jia bu duo imut~


Nama: Zi yao (子耀)
Kelamin: laki-laki
Umur: 8 tahun
Karakter: paling muda, pemalu, berbicara pelan. Sedikit punya karakter "meng" [TRANSLATOR MENJERIT. Meng: lucu, imut, 'moe'], ingin melindungi kakaknya,selalu ingin melindungi dan peduli, kadang marah tapi masih kuat
Partai: Huang sha xing men
Sifat: Bumi seperti tenaga [Google]
Senjata: Pedang naga raja bumi
Kemampuan: merusak, meledakkan [??]
[Translator's note]
1) 子: anak, 耀: bersinar
2) Senjata: de wang long ren
3) Aku nggak yakin sama kemampuannya
4) Intro: Halo semua, meskipun aku yang termuda, tapi semangatku untuk menyelamatkan Dunia Naga tidak kalah dari kakak-kakak sekalian! [LUCU BANGET AAAA]


Nama: Jika (吉卡)
Elemen: emas
Pasangan: Dongfang mo
Karakter: percaya diri, agresif, tidak mau mengakui kekalahan
Partai: Gu dou xing men
Panggilan: Emas adalah seperti panggilan hewan [????]
Jurus: empat roda pengejar
[Translator's note]
1) 吉: keberuntungan
2) Dipanggil ganteng
Nama: Dongfang mo (東方末)
Kelamin: Laki-laki
Umur: 14 tahun
Karakter: Karakter: sombong, tidak suka untuk menaati orang lain, lekas marah, sulit berkata baik. Tidak sabaran tapi keyakinan yang paling gigih, kadang-kadang menyindir orang tanpa sadar kata.
Partai: Gu dou xing men
Sifat: Gajah emas sebagai kekuatan [???]
Senjata: pedang naga ujung dalam [??????]
Kemampuan: Serangan kaki, terjangan, kekuatan serangan
Catch phrase: 'Cerewet.'
[Translator's note]
1) 東: timur, 方: persegi, 末: akhir/ujung. Sebenarnya kalau tiga-tiganya digabung artinya cuma 'ujung timur'.
2) Senjata: Feng ming long ren. Artinya agak aneh...
3) Catch phrase: 'Luosuo!'
4) Intro: Halo semua, aku adalah yang paling kuat, Dongfang mo!


Nama: Suo la (索拉)
Elemen: Kayu
Pasangan: Lan tian hua
Karakter: pintar walau berkepala kecil, bekerja dengan lihai
Partai: Mo lin tianmen
Kontrol panggilan: perangkat kayu seperti panggilan hewan [Kalian tau lah]
Jurus: Pusaran kayu
[Translator notes]
1) : cari, : tarik
2) Punya sayap itu keren!


Nama: Ba luosi (巴羅斯)
Elemen: air
Pasangan: Kai feng
Karakter: loyal, patuh
Partai: Hanshan xing men
Summon adalah: Air adalah seperti panggilan hewan [Google translate...]
Jurus: pusaran air palu [?]
[Translator Notes]
1) Kayaknya Ba luosi gak ada artinya. Walaupun tulisannya Ba luosi, bacanya kayak di serial, 'ba-lo-tse'
2) Jurusnya?? Aku bingung...
3) Katanya dia suka main di pantai untuk melihat laut.
4) Walaupun nggak ditulis, kayaknya catch phrase-nya 'Aku tidak takut apapun!'


Nama: Kai feng (凱風)
Kelamin: laki-laki
Umur: 13 tahun
Karakter: selalu tersenyum, baik pada orang lain, pengertian dan perhatian pada Xiao yi karena dibesarkan dengan Xiao yi, selalu mengikuti Xiao Yi, selalu mendukung Xiao yi, sedikit tidak paham dengan hatinya sendiri, agak bergantung pada Xiao Yi. [Xiao yi aja terus.]
Partai: Hanshan xing men
Sifat: air seperti kekuatan [Google]
Senjata: pedang naga kristal es
Kemampuan: menghilang, pertahanan, kecepatan serangan
Catch phrase: 'Di mana ada air, ada harapan!'
[Translator notes]
1) 凱: berjaya, 風: angin. Kai feng bisa juga dibaca Kai fo. Terserah.
2) Senjata: Bing po long ren
3) Intro: Aku adalah pemilik Ba luosi, namaku Kai Feng. Aku dibesarkan dengan Xiao yi, kami adalah teman terbaik!
4) terkutuklah kau serta Xiao yi.

Nama: Shaman (沙曼)
Kelamin: perempuan
Umur: 12 tahun
Karakter: kejam, misterius, tidak suka tertawa,
sangat pendiam.
Partai: Shu xing men
Atribut: Sihir [??]
Senjata: Pedang Enchantress [ikut google lah]
Kemampuan: racun, ilusi
Catch phrase: ‘Tidak peduli’
[Translator's note]
1) 沙: pasir. Namanya bisa juga dibaca Sharman.
2) Senjata: Yao ji zhang jian
3) Catch phrase: 'Wusuowei.'
4) Intro: Aku tidak suka tertawa, sangat pendiam. Kalau kau tidak mau berteman denganku, aku tidak peduli.
5) Translate aslinya Xu Xieng Men. Disini aku cuma ikut cara penulisan google.

Nama: Long hao tian (龍昊天)
Jenis kelamin: Laki-laki
Umur: 13 tahun
Karakter: terlihat tampan pada dasarnya, semacam arogan, sangat keras dan serius, ada rasa tanggung jawab. Ingin kebangkitan bela diri, benci suku Longwu, merasa bersalah atas kehilangan Sha man dan ingin membalasnya.
Partai: Shu xing men
Atribut: angin
Senjata: pulpen yang dia putar
Kemampuan: teknik menyerang, kecepatan, seni bela diri
[Translator's note]
1) 龍: naga, 天: langit
2) Senjata: zhuan zhuan bi
3) Translate aslinya Lung Hao Tiaen, disini aku cuma ngikut cara penulisan google.
4) Intro: Aku, baik penampilan dan kekuatan adalah Long hao tian!

Nama: Guha (古哈)
Kelamin: laki-laki
Umur: 12 tahun
Karakter: gemuk, sedikit bodoh, selalu makan tapi tenaganya besar, tangguh, sangat bergantung.
Partai: Shu xing men
Atribut: pasir
Senjata: palu pasir emas
Kemampuan: pertahanan, kekuatan serangan, serangan pasir
Catch phrase: 'Perutku lapar'
[Translator's note]
1) 古: kuno
2) Senjata: jingang tie sha chui
3) Catch phrase: 'Duzi you ele'
4) Intro: Aku suka makan, dan aku akan mempersilahkanmu makan juga~


---
Tambahan

Tian Hua (天画)

: langit, : lukisan

---

Selesai! Mungkin terjemahanku masih agak asal-asalan, tapi sudah selesai! Duh, kepalaku pusing hahaha~ Kalian harus tau, translating itu susah. Apalagi kalau urusannya dengan huruf-huruf abstrak... Yah walaupun aku melakukan ini untuk kesenangan sendiri juga sih lol. Oh iya, rasanya kurang ya, kalau nggak ada Tian Hua. Apa perlu aku bikin sendiri biodatanya menurut canon? Wkwk ngaco aja.
Kapan ya kita bisa lihat mereka di SpaceToon atau NET lagi? Haha, kangen Dragon Warrior di TV....

Okey! Aku akan menghilang lagi! Sampai jumpa~

Komentar

  1. terima kasih atas kontribusinya kak (walaupun yang notice cuma dikit orang)
    aku pikir bakal ada info buat karakter lain atau naga lain (contohnya 5 jendral naga dan taliku dan kawan-kawan)
    lumayan lah buat nambah info atas karakter-karakter ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dragon Warrior the movie?